Pujawali Ageng/Nyatur Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Desa Adat Guliang Kangin, ring Anggara Kliwon Prangbakat, 31 Oktober 2023. Rangkaian Pujawali Nyatur, Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Guliang Kangin : Ida Bhatara Masucian, 30 Oktober 2023, Ida Bhatara Masineb, Jumat 3 Nopember 2023 Selamat Datang, selamat berkunjung di Website Desa Adat Guliang Kangin. Media Informasi dan Komunikasi Aktifitas Desa Adat Guliang Kangin

Artikel

Dampak Penggunaan Kecerdasan Buatan Terhadap Pengangguran di Negara Berkembang

08 Februari 2023 12:28:12  Administrator  260 Kali Dibaca  Teknologi

Kecerdasan Buatan (KB) telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa dekade terakhir, memberikan harapan baru dalam berbagai bidang. Namun, penggunaan KB juga menimbulkan keprihatinan terkait dengan dampaknya terhadap lapangan kerja, terutama di negara-negara berkembang. Artikel ini akan mengeksplorasi dampak penggunaan kecerdasan buatan terhadap pengangguran di negara berkembang, serta tantangan dan peluang yang terkait dengan perkembangan ini.

  1. Automatisasi Pekerjaan Rutin: Salah satu dampak yang signifikan dari penggunaan kecerdasan buatan adalah otomatisasi pekerjaan rutin. Di negara berkembang, sektor-sektor seperti manufaktur, pertanian, dan layanan mungkin mengalami pergeseran besar dalam hal penyerapan tenaga kerja. Pekerjaan yang dapat diotomatisasi, seperti pekerjaan pabrik, perakitan, dan administrasi rutin, mungkin menghadapi risiko penggantian oleh mesin cerdas.

  2. Perubahan Permintaan Tenaga Kerja: Kemunculan kecerdasan buatan juga dapat mengubah permintaan tenaga kerja di negara berkembang. Di satu sisi, beberapa pekerjaan yang membutuhkan keahlian teknologi, analisis data, dan pemrograman mungkin akan meningkat. Di sisi lain, pekerjaan yang membutuhkan keterampilan manual sederhana atau pengetahuan yang spesifik mungkin mengalami penurunan permintaan. Oleh karena itu, adaptasi dan peningkatan keterampilan menjadi penting bagi para pekerja.

  3. Tantangan Pengangguran Struktural: Dalam jangka pendek, penggunaan kecerdasan buatan dapat menyebabkan pengangguran struktural di negara berkembang. Hal ini terjadi ketika pekerja yang kehilangan pekerjaan mereka karena otomatisasi sulit untuk memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk pekerjaan baru yang muncul dalam era KB. Hal ini memerlukan upaya yang serius dalam bidang pelatihan dan pengembangan keterampilan untuk mempersiapkan pekerja menghadapi perubahan ini.

  4. Peluang Baru dalam Bidang Inovasi dan Kewirausahaan: Meskipun penggunaan kecerdasan buatan dapat menyebabkan penurunan lapangan kerja tertentu, hal ini juga membuka peluang baru di bidang inovasi dan kewirausahaan. Negara berkembang dapat memanfaatkan teknologi ini untuk mengembangkan sektor teknologi dan ekonomi berbasis pengetahuan. Ini dapat menciptakan lapangan kerja baru yang membutuhkan keterampilan tinggi dan membantu dalam pembangunan ekonomi jangka panjang.

  5. Penyesuaian Kebijakan dan Regulasi: Pemerintah di negara berkembang perlu mengadopsi kebijakan dan regulasi yang responsif terhadap perkembangan kecerdasan buatan. Ini melibatkan upaya untuk melindungi hak pekerja, memastikan kesetaraan akses ke peluang kerja, dan mempromosikan pelatihan dan pengembangan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan masa depan. Peran pemerintah juga penting dalam memastikan adanya inklusi digital dan kesempatan yang adil bagi semua.

Kesimpulan: Penggunaan kecerdasan buatan memiliki dampak yang signifikan terhadap pengangguran di negara berkembang. Namun, sambil menghadapi tantangan ini, ada juga peluang untuk mengembangkan lapangan kerja baru dan mempercepat pertumbuhan ekonomi. Penting bagi negara-negara berkembang untuk mengadopsi strategi yang tepat dalam menghadapi perubahan ini, termasuk investasi dalam pendidikan, pelatihan keterampilan, inovasi, dan regulasi yang memadai, sehingga penggunaan kecerdasan buatan dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa Adat

Back Next

 Chanel Youtube

Chanel Youtube

 Arsip Artikel

19 April 2015 | 37.646 Kali
Lambang Desa
17 April 2015 | 37.437 Kali
Program Kerja
17 April 2015 | 36.702 Kali
Visi dan Misi
31 Maret 2015 | 36.666 Kali
Selamat Datang di Website Resmi Desa Adat Guliang Kangin
17 April 2015 | 36.585 Kali
Sejarah Desa Adat Guliang Kangin
31 Desember 2016 | 36.448 Kali
APBDesAdat Tahun 2017
31 Desember 2018 | 36.330 Kali
APBDesAdat Tahun 2019

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jalan Raya Kembengan - Bangli
Desa Adat : Guliang Kangin
Kecamatan : Bangli
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 83355
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.006
    Kemarin:1.003
    Total Pengunjung:1.016.147
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.213.60.33
    Browser:Tidak ditemukan