• Desa Adat Guliang Kangin
  • 08123666676
  • guliangkangin.desa@gmail.com

Puskesmas Tamanbali Laksanakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Survey Mawas Diri

22 Maret 2019 Administrator Berita Desa Dibaca 250 Kali

Pusat Kesehatan Masyarakat Desa Tamanbali melaksanakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) terhadap hasil Survey Mawas Diri (SMD) yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu, pada Jumat (22/03/2019) di Ruang Rapat Kantor Desa Tamanbali.

Peserta kegiatan MMD kali ini terdiri dari Pj. Kepala Desa Tamanbali, Bendesa Adat sepedesaan Tamanbali, Perangkat Desa / Kepala Kewilayahan sepedesaan Tamanbali, serta Kader Posyandu Desa Tamanbali.

Acara dibuka oleh Kepala UPT. Puskesmas Bangli, dr. Anak Agung Gede Mahendra Putra, diawali dengan maksud dan tujuan kegiatan MMD-SMD. Menurutnya, kegiatan MMD-SMD ini merupakan ruang untuk memusyawarahkan hasil survey mawas diri yang telah dilaksanakan di seluruh Desa Tamanbali dalam Bulan Pebruari 2019 yang lalu.

Kepala UPT memaparkan hasil survey SMD dari berbagai kriteria kesehatan yang disurvey, hasilnya disampaikan dalam bentuk angka dan grafis. Peserta diharapkan dapat memahami kondisi kesehatan masyarakat yang dapat digambarkan dari hasil survey ini.

Survey dilaksanakan terhadap 210 KK di seluruh Desa Tamanbali. Sampel yang diambil dalam survey kali ini tidak sama dengan survey tahun lalu.

Jenis yang disurvey meliputi : komposisi usia penduduk, pendidikan, pekerjaan, kepemilikan jaminan kesehatan, tempat berobat paling sering dikunjungi, pemeriksaan kanker servic, tempat sampah, toga, keberadaan posyandu lansia, pemelihara anjing, dan prosentase masyarakat yang merokok.

Dari kegiatan ini diharapkan akan melahirkan program - program kesehatan yang berbasis partisipasi masyarakat, sehingga perjalanan program nantinya bisa berjalan dengan baik.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar