Pujawali Ageng/Nyatur Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Desa Adat Guliang Kangin, ring Anggara Kliwon Prangbakat, 31 Oktober 2023. Rangkaian Pujawali Nyatur, Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Guliang Kangin : Ida Bhatara Masucian, 30 Oktober 2023, Ida Bhatara Masineb, Jumat 3 Nopember 2023 Selamat Datang, selamat berkunjung di Website Desa Adat Guliang Kangin. Media Informasi dan Komunikasi Aktifitas Desa Adat Guliang Kangin

Artikel

Acid Reflux : Bagaimana Cara Mencegahnya

03 Juni 2023 01:48:42  Administrator  453 Kali Dibaca  Kesehatan

Acid reflux, juga dikenal sebagai gastroesophageal reflux disease (GERD), adalah kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan (esofagus) dari perut. Pada kondisi normal, katup yang disebut sfingter esofagus bawah membantu mencegah asam lambung kembali ke atas. Namun, pada kasus acid reflux, sfingter esofagus bawah tidak berfungsi dengan baik, sehingga asam lambung dapat naik ke esofagus.

Gejala umum acid reflux termasuk sensasi terbakar (heartburn) di dada yang biasanya terasa setelah makan, rasa pahit atau asam di mulut (regurgitasi), nyeri dada, sulit menelan, batuk kronis, dan gangguan tidur. Acid reflux dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti makanan tertentu, obesitas, kehamilan, merokok, dan gangguan pada sfingter esofagus bawah.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu mencegah atau mengurangi gejala acid reflux:

  1. Hindari makanan pemicu: Hindari makanan yang diketahui memicu gejala acid reflux, seperti makanan pedas, berlemak, cokelat, minuman berkafein, minuman berkarbonasi, tomat, bawang, mint, dan makanan yang mengandung tinggi asam.

  2. Batasi konsumsi alkohol: Alkohol dapat memicu relaksasi sfingter esofagus bawah dan meningkatkan produksi asam lambung, sehingga sebaiknya dibatasi atau dihindari.

  3. Perhatikan pola makan: Makan dengan porsi kecil dan lebih sering dapat membantu mencegah terjadinya penumpukan asam lambung. Juga, hindari makan terlalu cepat dan pastikan untuk mengunyah makanan dengan baik.

  4. Jaga berat badan yang sehat: Obesitas dapat meningkatkan risiko terjadinya acid reflux. Dengan menjaga berat badan yang sehat melalui pola makan seimbang dan olahraga teratur, Anda dapat mengurangi kemungkinan gejala acid reflux.

  5. Hindari makan sebelum tidur: Usahakan untuk tidak makan atau minum dalam waktu 2-3 jam sebelum tidur. Hal ini memberikan waktu pencernaan yang cukup sehingga asam lambung tidak naik ke esofagus saat Anda berbaring.

  6. Tinggikan posisi tidur: Mengangkat kepala tempat tidur sekitar 15-20 cm dapat membantu mengurangi gejala acid reflux saat tidur.

  7. Hindari merokok: Merokok dapat menyebabkan relaksasi sfingter esofagus bawah dan meningkatkan produksi asam lambung. Berhenti merokok akan memberikan manfaat kesehatan secara keseluruhan, termasuk mengurangi risiko acid reflux.

  8. Kurangi stres: Stres dapat memengaruhi fungsi pencernaan. Cari cara untuk mengurangi stres, seperti melakukan relaksasi, meditasi, atau kegiatan yang menyenangkan.

Penting untuk diingat bahwa setiap orang mungkin memiliki pemicu dan faktor risiko yang berbeda terkait acid reflux. Jika Anda sering mengalami gejala yang mengganggu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi dan saran medis yang sesuai.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa Adat

Back Next

 Chanel Youtube

Chanel Youtube

 Arsip Artikel

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jalan Raya Kembengan - Bangli
Desa Adat : Guliang Kangin
Kecamatan : Bangli
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 83355
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:552
    Kemarin:826
    Total Pengunjung:984.327
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.239.176.54
    Browser:Tidak ditemukan