Pujawali Ageng/Nyatur Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Desa Adat Guliang Kangin, ring Anggara Kliwon Prangbakat, 31 Oktober 2023. Rangkaian Pujawali Nyatur, Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Guliang Kangin : Ida Bhatara Masucian, 30 Oktober 2023, Ida Bhatara Masineb, Jumat 3 Nopember 2023 Selamat Datang, selamat berkunjung di Website Desa Adat Guliang Kangin. Media Informasi dan Komunikasi Aktifitas Desa Adat Guliang Kangin

Artikel

Perkembangan Komputer : Dari Awal Hingga Masa Kini

02 Juni 2023 07:47:39  Administrator  2.541 Kali Dibaca  Teknologi

Pendahuluan :

Dalam dunia modern ini, komputer telah menjadi salah satu penemuan paling berpengaruh dalam sejarah manusia. Dari perhitungan sederhana hingga pemrosesan data kompleks, komputer telah mengubah cara kita bekerja, berkomunikasi, dan menjalani kehidupan sehari-hari. Namun, perjalanan panjang perkembangan komputer ini dimulai dari waktu yang jauh, ketika konsep dasar komputasi pertama kali diperkenalkan. Artikel ini akan mengupas sejarah perkembangan komputer dari awal hingga masa kini.

  1. Mesin Hitung Awal

Perjalanan perkembangan komputer dimulai pada abad ke-17 dengan mesin hitung mekanik sederhana yang diciptakan oleh Blaise Pascal, seorang matematikawan Prancis. Mesin ini, yang dikenal sebagai Pascaline, menggunakan roda gigi untuk melakukan operasi matematika dasar seperti penjumlahan dan pengurangan.

Kemudian, pada abad ke-19, Charles Babbage, seorang ilmuwan komputer asal Inggris, mengembangkan mesin analitik, yang dianggap sebagai cikal bakal komputer modern. Mesin ini menggunakan kartu punch untuk memasukkan instruksi dan melakukan operasi aritmatika kompleks. Sayangnya, mesin analitik Babbage tidak pernah selesai dibangun.

  1. Era Elektronik

Perkembangan komputer mengalami kemajuan pesat pada abad ke-20 dengan ditemukannya transistor pada tahun 1947. Transistor adalah komponen elektronik kecil yang dapat mengontrol aliran listrik dan digunakan sebagai pengganti tabung vakum yang lebih besar dan lebih lambat pada komputer awal. Penemuan transistor membuka jalan bagi pengembangan komputer yang lebih kecil, lebih cepat, dan lebih efisien.

Pada tahun 1950-an, komputer generasi pertama mulai muncul. Salah satu contoh terkenal adalah komputer ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer), yang dikembangkan oleh J. Presper Eckert dan John W. Mauchly di Amerika Serikat. Meskipun besar dan mahal, komputer ini memiliki kemampuan pemrosesan yang lebih cepat daripada mesin sebelumnya.

  1. Masa Komputer Personal

Pada tahun 1970-an, komputer personal mulai diperkenalkan. Sebagai contoh, Altair 8800, yang dirilis pada tahun 1975, adalah komputer personal pertama yang dijual secara massal. Kemudian, pada tahun 1981, IBM meluncurkan IBM PC, yang menjadi standar de facto untuk komputer personal pada saat itu. Komputer personal membawa komputasi ke meja kerja dan rumah tangga biasa, dan ini menjadi tonggak penting dalam sejarah perkembangan komputer.

  1. Era Internet dan Komputer Jaringan

Pada tahun 1990-an, perkembangan komputer semakin dipercepat dengan munculnya World Wide Web. Internet memungkinkan komputer untuk terhubung secara global, membuka pintu bagi pertukaran informasi yang cepat dan mudah serta kemajuan komunikasi online. Selain itu, komputer jaringan dan server menjadi lebih umum, menghubungkan pengguna di seluruh dunia.

  1. Era Komputasi Bergerak dan Kecerdasan Buatan

Pada awal abad ke-21, komputer mengalami perkembangan lebih lanjut dengan munculnya komputasi bergerak. Perangkat seperti smartphone dan tablet memungkinkan akses mudah ke informasi dan aplikasi di mana pun dan kapan pun. Selain itu, perkembangan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) telah mengubah cara komputer memproses dan menganalisis data, menghasilkan kemajuan dalam bidang seperti pengenalan suara, penglihatan komputer, dan pemrosesan bahasa alami.

Kesimpulan :

Perjalanan perkembangan komputer dari awal hingga masa kini telah melahirkan revolusi digital yang meluas di seluruh dunia. Dari mesin hitung mekanik hingga komputer personal, internet, dan komputasi bergerak, komputer telah mengalami evolusi yang luar biasa. Terus munculnya teknologi baru dan inovasi seperti kecerdasan buatan menjanjikan masa depan yang menarik untuk perkembangan komputer. Sebagai hasil dari perkembangan ini, komputer telah menjadi salah satu alat paling penting dalam kehidupan modern kita dan terus membantu mempercepat kemajuan di berbagai bidang.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa Adat

Back Next

 Chanel Youtube

Chanel Youtube

 Arsip Artikel

19 April 2015 | 37.646 Kali
Lambang Desa
17 April 2015 | 37.437 Kali
Program Kerja
17 April 2015 | 36.702 Kali
Visi dan Misi
31 Maret 2015 | 36.666 Kali
Selamat Datang di Website Resmi Desa Adat Guliang Kangin
17 April 2015 | 36.585 Kali
Sejarah Desa Adat Guliang Kangin
31 Desember 2016 | 36.448 Kali
APBDesAdat Tahun 2017
31 Desember 2018 | 36.330 Kali
APBDesAdat Tahun 2019

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jalan Raya Kembengan - Bangli
Desa Adat : Guliang Kangin
Kecamatan : Bangli
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 83355
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.053
    Kemarin:1.003
    Total Pengunjung:1.016.194
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.213.60.33
    Browser:Tidak ditemukan