• Desa Adat Guliang Kangin
  • 08123666676
  • guliangkangin.desa@gmail.com

Guliang Kangin Dinilai Tim Lomba Desa Sadar Lingkungan Provinsi Bali

15 Juli 2017 Administrator Berita Desa Dibaca 219 Kali

Desa Pakraman Guliang Kangin menerima Tim Penilai Desa Sadar Lingkungan Provinsi Bali tahun 2017 di Balai Banjar Guliang Kangin, Desa Tamanbali pada hari Jumat (14/07-2017).  Tim Penilai dipimpin oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali, disertai beberapa tim untuk masing – masing klasifikasi penilaian.  Tim diterima oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangli, Kepala Desa Tamanbali beserta perangkat desa, Bendesa Adat Desa Pakraman Guliang Kangin beserta prajuru lainnya.

Bendesa Adat Desa Pakraman Guliang Kangin, Ngakan Putu Suarsana, dalam ucapan selamat datang memaparkan proses serta langkah – langkah penanganan sampah yang dimulai tahun 2012. Diawali dari hanya pungut sampah plastik lalu dibakar, kemudian dikembangkan menjadi bank sampah dan sampai akhirnya menjadi TPST (Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu).

Perbekel Desa Tamanbali, menyampaikan tentang peran desa dalam pengelolaan sampah dan berperan aktiv dalam pembinaan dua bank sampah yang ada di Desa Tamanbali, yang dilanjutkan dengan menyerahkan Profil Desa Tamanbali terkait dengan pengelolaan sampah, kebersihan dan penyelamatan lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangli memaparkan upaya – upaya yang telah dilakukan pemerintah Kabupaten Bangli dalam mengelola sampah, kebersihan dan lingkungan. Ini dibuktikan dengan pembinaan secara intensif kepada bank sampah – bank sampah yang ada di Bangli.

Pimpinan Tim Penilai, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali berharap agar masyarakat secara intensif berpartisipasi dalam penanganan sampah, utamanya pemilahan dari rumah, sehingga dengan dipilah dari rumah sampah residu yang terkirim ke TPA akan semakin kecil, dan pada akhirnya akan memperpanjang waktu penuhnya TPA.  *)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar