• Desa Adat Guliang Kangin
  • 08123666676
  • guliangkangin.desa@gmail.com

Pura Desa ( Bale Agung )

20 April 2015 Administrator Kahyangan Desa Dibaca 275 Kali

Masyarakat tradisional Bali selaku kelompok masyarakat budaya dalam mengatur desa selaku daerah pemukiman dengan kelengkapannya seperti: pura, bale banjar, pasar, rumah, jalan, diatur dalam satu tata ruang. Filosofis pengaturan tata ruang tadi berdasarkan konsep catus pata dan luan teben, misalnya: pasar, wantilan, Pura Desa, rumah pembesar desa ditempatkan pada sudut-sudut dari catus pata.

Pura Desa menjadi tempat pusat kegiatan pelaksanaan upacara untuk kepentingan desa seperti upacara Ngusaba Desa, pasamuhan batara setelah upacara melis yang dilaksanakan sebelum upacara Panyepian. Pada beberapa daerah di Bali, Pura Desa disebut pula dengan nama Pura Bale Agung. Nama ini kemungkinan diambil dari nama bangunan Bale Agung yang terdapat pada bagian halaman pertama dari pura tersebut.

Pura Desa/Bale Agung Desa Pakraman Guliang Kangin, berada di sebelah barat Pura Puseh, Pura ini didirikan tahun 2001 sebelum  pemekaran Banjar Adat Guliang Kangin menjadi Desa  Pakraman Guliang Kangin. Setelah pura ini rampung langsung dilaksanakan Karya Ngenteg Linggih bersamaan dengan Pura Puseh.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar