Pujawali Ageng/Nyatur Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Desa Adat Guliang Kangin, ring Anggara Kliwon Prangbakat, 31 Oktober 2023. Rangkaian Pujawali Nyatur, Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Guliang Kangin : Ida Bhatara Masucian, 30 Oktober 2023, Ida Bhatara Masineb, Jumat 3 Nopember 2023 Selamat Datang, selamat berkunjung di Website Desa Adat Guliang Kangin. Media Informasi dan Komunikasi Aktifitas Desa Adat Guliang Kangin

Artikel

Anggota DPR RI, Adhi Mahendra Putra Hijaukan Pancoran Solas

31 Desember 2016 17:00:00  Administrator  1.170 Kali Dibaca  Berita Desa

Di penghujung tahun 2016, anggota Komisi IV DPR RI Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra melakukan kegiatan Peduli Lingkungan dengan melakukan penanaman pohon di kawasan Pancoran Solas, Desa Wisata Guliang Kangin, pada Sabtu (31-12-2016).

Kegiatan ini juga dihadiri Bendesa Desa Pakraman Guliang Kangin, Tokoh – Tokoh dan krama Desa Pakraman Guliang Kangin, serta Sekaa Teruna Eka Budhi Dharma Desa Pakraman Guliang Kangin.

Acara diawali dengan penanaman pohon manggis dan durian oleh Adi Mahendra Putra kemudian diikuti penanaman oleh tokoh masyarakat dan STT Eka Budhi Dharma. Kegiatan dilanjutkan dengan malukat dan sembahyang bersama, sebelum diadakan dharma tula atau sima krama.

Bendesa Pakraman Guliang Kangin, Ngakan Putu Suarsana, mengawali dengan memaparkan sekilas kegiatan Desa Pakraman Guliang Kangin yang selama ini selalu peduli dengan lingkungan, dengan kegiatan penanaman pohon dan kegiatan – kegiatan penanggulangan sampah plastik. Termasuk juga beberapa kegiatan aktivitas desa wisata yang telah berjalan dan yang akan direncanakan. Bendesa juga menyampaikan tentang beberapa bantuan proyek di Pancoran Solas, dan beberapa fasilitas yang perlu segera mendapatkan perhatian dari semua pihak. ”Sesampuh polih wantuan tembok penyengker, mangkin sane dahat mangda wenten ring Pancoran Solas wantah Bale Pesanekan”, katanya melanjutkan.

Adhi Mahendra Putra dalam simakrama dengan masyarakat dan teruna – teruni menyampaikan beberapa hal antara lain, berharap banyak kepada anggota STT Eka Budhi Dharma untuk memelihara dengan baik pohon – pohon yang telah ditanam, baik manggis, durian, cempaka dan yang lainnya. ”Motto titiang Satu Pohon Sejuta Perubahan, nika artinya dengan menanam satu batang pohon, kita telah melakukan banyak perubahan, baik dari sisi perlindungan tanah, ekonomi dan perubahan – perubahan lainnya.” Katanya menegaskan. Adhi Mahendra Putra juga berpesan kepada masyarakat dan anggota STT untuk selalu peduli dengan lingkungan dan kebersihan, karena kepedulian kepada lingkungan akan meningkatkan rasa bhakti kita kepada Ida Hyang Widhi Wasa, dan merupakan wujud nyata dalam implementasi Tri Hita Karana, terkait dengan palemahan.

Di akhir simakramanya, Adi Mahendra berjanji akan membantu mempromosikan Pancoran Solas agar dikenal dan dikunjungi lebih banyak orang, dan kedepan agar menjadi wisata spiritual yang mampu mendatangkan tambahan penghasilan kepada masyarakat. Adhi Mahendra juga berjanji membantu Membangun Bale Pesanekan dengan biaya sebesar enam puluh juta rupiah. “Duaning bendesa druwe ngaturang pariindikan bale pesanekan sane kantun usak, sane mangkin titiang ngutsahayang ngaturang bale pesanekan mapengarga enem dasa yuta rupiah”, tambahnya, yang disambuh tepuk tangan oleh seluruh hadirin.

Kegiatan ini juga diliput oleh Bali TV untuk ditayangkan dalam acara Seputar Bali.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa Adat

Back Next

 Chanel Youtube

Chanel Youtube

 Arsip Artikel

19 April 2015 | 37.373 Kali
Lambang Desa
17 April 2015 | 37.180 Kali
Program Kerja
17 April 2015 | 36.479 Kali
Visi dan Misi
31 Maret 2015 | 36.440 Kali
Selamat Datang di Website Resmi Desa Adat Guliang Kangin
17 April 2015 | 36.334 Kali
Sejarah Desa Adat Guliang Kangin
31 Desember 2016 | 36.135 Kali
APBDesAdat Tahun 2017
31 Desember 2018 | 36.122 Kali
APBDesAdat Tahun 2019

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jalan Raya Kembengan - Bangli
Desa Adat : Guliang Kangin
Kecamatan : Bangli
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 83355
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.091
    Kemarin:1.112
    Total Pengunjung:899.447
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.206.185.68
    Browser:Tidak ditemukan