Pujawali Ageng/Nyatur Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Desa Adat Guliang Kangin, ring Anggara Kliwon Prangbakat, 31 Oktober 2023. Rangkaian Pujawali Nyatur, Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Guliang Kangin : Ida Bhatara Masucian, 30 Oktober 2023, Ida Bhatara Masineb, Jumat 3 Nopember 2023 Selamat Datang, selamat berkunjung di Website Desa Adat Guliang Kangin. Media Informasi dan Komunikasi Aktifitas Desa Adat Guliang Kangin

Artikel

Pegelaran Lahirnya Desa Guliang Akhiri Outbound Senior Leader Deutsche Bank

19 November 2016 17:00:00  Administrator  1.288 Kali Dibaca  Berita Desa

Pegelaran Kisah Lahirnya Desa Guliang dipentaskan oleh peserta Senior Leader Deutsche Bank di stage Warung Guliang, Desa Wisata Guliang Kangin, pada Sabtu (19-11-2016).  Pementasan ini menjadi puncak kegiatan satu hari dalam  Outbound Adventures “Life is a Journey”.

Peserta outbound tiba di Desa Wisata Guliang Kangin pk. 09.00 Wita. Diawali sambutan dari Bendesa Adat Desa Pakraman Guliang Kangin, Ngakan Putu Suarsana, SH, peserta melanjutkan kegiatan dengan trekking melintasi pematang sawah Subak Geria. Berhenti sebentar di depan Pura Subak untuk berdoa memohon keselamatan dalam seluruh aktivitas, disertai dengan Nunas Tirtha dan Bunga.

Setiba di Warung Guliang, peserta disuguhi minuman wellcome drink dengan jajanan khas Bali produk masyarakat lokal Desa Guliang Kangin. Selanjutnya, Bendesa Adat memaparkan sekilas informasi tentang Desa Wisata Guliang Kangin. Peserta sangat antusias memerhatikan ketika Bendesa menceritakan sebuah tragedi Raja Bali ke-8 yang bernama “Dalem Dimade” yang harus melarikan diri dari Kerajaan Gelgel karena dikudeta oleh Mahapatih Gusti Agung Maruti.

Dalam pelarian sampailah rombongan raja di sebuah desa yang bernama Tambangwilah, disana beliau beristirahat dan disambut oleh masyarakat setempat. Kesehatan raja semakin menurun akibat depresi yang dirasakan. Atas nasehat bagawanta istana, agar raja membangun Puri dan Pura di Desa Tambangwilah, disertai upakara dan upacara lengkap.

Setelah Puri dan Pura selesai dan diupacarai, barulah raja merasakan kesenangan, wajahnya selalu berseri-seri. Karena beliau merasa senang, dalam bahasa Bali disebut KESENGGUH LIANG, dan raja memerintahkan untuk mengganti nama Tambangwilah menjadi Desa Guhliang, lama-kelamaan disebut Guliang.

Satu hal yang menyebabkan raja merasakan kesenangan setelah beliau mandi di salah satu mata air di sungai Melangit. Beliaupun memerintahkan pengikutnya untuk menata mata air tersebut menjadi sebelas buah Pancoran dan dinamakan Pancoran Solas. Sampai saat ini banyak masyarakat yang melukat di Pancoran Solas untuk membantu proses penyembuhan.

Cerita ini dibahas oleh peserta outbound dalam konteks kekinian, dengan memaknai bahwa dalam kondisi menderita kita akan mampu menggali potensi diri kita untuk bangkit kembali.  Dan peserta yang mendapatkan peran untuk pentas di malam nanti mulai memahami karakter dari peran yang diberikan.

Yang tidak kebagian peran berpartisipasi dalam pembuatan panggung, dekorasi serta perlengkapan pementasan. Dibantu masyarakat lokal, peserta sangat antusias bekerja sama saling bahu – membahu dalam membangun panggung dan kelengkapannya.

Setelah panggung selesai, dan seluruh pemeran sudah menggenakan assesoris sesuai dengan peran yang dimainkan, dimulailah pementasan pada pukul 19.00 Wita.  Disaksikan oleh sebagian warga Guliang Kangin membuat pertunjukan begitu memukau, apalagi ditambah penataan apik baik dari sisi sound system, dekorasi dan koreografer, rasanya pementasan yang hanya dipersiapkan dalam beberapa jam bisa berjalan dengan sangat baik.

Kegiatan diakhiri oleh clossing statement oleh pimpinan Tim Mr. Kunardy Lie, yang merasakan sangat senang dengan tema outbound kali ini.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa Adat

Back Next

 Chanel Youtube

Chanel Youtube

 Arsip Artikel

19 April 2015 | 37.646 Kali
Lambang Desa
17 April 2015 | 37.437 Kali
Program Kerja
17 April 2015 | 36.702 Kali
Visi dan Misi
31 Maret 2015 | 36.667 Kali
Selamat Datang di Website Resmi Desa Adat Guliang Kangin
17 April 2015 | 36.585 Kali
Sejarah Desa Adat Guliang Kangin
31 Desember 2016 | 36.448 Kali
APBDesAdat Tahun 2017
31 Desember 2018 | 36.331 Kali
APBDesAdat Tahun 2019

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jalan Raya Kembengan - Bangli
Desa Adat : Guliang Kangin
Kecamatan : Bangli
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 83355
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.102
    Kemarin:1.003
    Total Pengunjung:1.016.243
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.213.60.33
    Browser:Tidak ditemukan