Pujawali Ageng/Nyatur Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Desa Adat Guliang Kangin, ring Anggara Kliwon Prangbakat, 31 Oktober 2023. Rangkaian Pujawali Nyatur, Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Guliang Kangin : Ida Bhatara Masucian, 30 Oktober 2023, Ida Bhatara Masineb, Jumat 3 Nopember 2023 Selamat Datang, selamat berkunjung di Website Desa Adat Guliang Kangin. Media Informasi dan Komunikasi Aktifitas Desa Adat Guliang Kangin

Artikel

Pura Puseh

19 April 2015 17:00:00  Administrator  1.793 Kali Dibaca  Kahyangan Desa

Pura Puseh merupakan salah satu pura yang merupakan Kahyangan Tiga. Kata Puseh berasal dari kata puser yang berarti pusat. Kata pusat di sini mengandung makna sebagai pusatnya kesejahteraan dunia yang mendatangkan kemakmuran dan kebahagiaan bagi umat manusia, sehingga upacara-upacara yang berhubungan dengan kelimpahan dan berkah  kehidupan dilaksanakan di Pura Puseh.

Pura Puseh adalah tempat berstana Dewa Wisnu sebagai Dewa Pemelihara dari ciptaan Hyang Widi dalam seni arca digambarkan dengan Laksana dengan ciri bertangan empat yang masing-masing memegang, cakra, sangka dan buah atau kuncup teratai. Wahananya adalah Garuda, sedangkan saktinya adalah Sri atau Laksmi (Dewi Kesejahteraan).

Pura Puseh Desa Pakraman Guliang Kangin bertempat di arah utara laut desa pakraman. Bersebelahan dengan Pura Bale Agung. Pujawali di Pura Puseh pada hari Rabu Kliwon wuku Pahang, atau Buda Kliwon Pahang, yang bertepatan dengan berakhirnya hari uncal balung atau pegatwakan.

Pura ini diempon oleh seluruh krama Desa Pakraman Guliang Kangin

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa Adat

Back Next

 Chanel Youtube

Chanel Youtube

 Arsip Artikel

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jalan Raya Kembengan - Bangli
Desa Adat : Guliang Kangin
Kecamatan : Bangli
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 83355
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.021
    Kemarin:1.112
    Total Pengunjung:899.377
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.234.184.8
    Browser:Tidak ditemukan