Pujawali Ageng/Nyatur Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Desa Adat Guliang Kangin, ring Anggara Kliwon Prangbakat, 31 Oktober 2023. Rangkaian Pujawali Nyatur, Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Guliang Kangin : Ida Bhatara Masucian, 30 Oktober 2023, Ida Bhatara Masineb, Jumat 3 Nopember 2023 Selamat Datang, selamat berkunjung di Website Desa Adat Guliang Kangin. Media Informasi dan Komunikasi Aktifitas Desa Adat Guliang Kangin

Artikel

Memahami dan Manfaat Probiotik : Mendukung Kesehatan Usus dan Keseimbangan Mikrobiota

10 November 2022 12:12:39  Administrator  191 Kali Dibaca  Kesehatan

Probiotik adalah istilah yang semakin populer dalam dunia kesehatan dan nutrisi. Namun, bagi banyak orang, istilah ini masih misterius. Apa sebenarnya probiotik? Bagaimana mereka bekerja dan apa manfaatnya bagi kesehatan kita? Artikel ini akan membantu Anda memahami probiotik dengan lebih baik dan mengungkapkan manfaat kesehatan yang dapat mereka berikan.

Apa itu Probiotik?
Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang memberikan manfaat kesehatan saat dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Biasanya, probiotik terdiri dari bakteri baik, meskipun ada juga beberapa jenis ragi yang masuk ke dalam kategori ini. Mikroorganisme probiotik yang umum termasuk Lactobacillus dan Bifidobacterium, yang ada secara alami dalam tubuh kita.

Bagaimana Probiotik Bekerja?
Probiotik bekerja dengan mengisi usus dan saluran pencernaan kita dengan mikroorganisme yang sehat. Mereka membantu menjaga keseimbangan mikrobiota usus, yaitu komunitas mikroorganisme yang hidup di dalam tubuh kita. Ketika mikrobiota usus sehat, tubuh kita cenderung lebih kuat dan berfungsi dengan baik.

Manfaat Kesehatan Probiotik:

  1. Meningkatkan Kesehatan Usus: Probiotik dapat membantu menjaga kesehatan usus dengan mempromosikan pertumbuhan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat. Mereka membantu mengurangi risiko infeksi saluran pencernaan, diare, sembelit, dan penyakit radang usus.

  2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh: Sebagian besar sistem kekebalan tubuh kita berhubungan dengan usus. Probiotik dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita dengan meningkatkan aktivitas sel-sel kekebalan dan produksi zat-zat yang melawan infeksi. Hal ini dapat membantu melawan penyakit dan infeksi, serta mengurangi risiko alergi.

  3. Membantu Pencernaan dan Penyerapan Nutrisi: Probiotik membantu memecah makanan yang kompleks menjadi nutrisi yang lebih mudah diserap oleh tubuh kita. Ini dapat membantu dalam pencernaan dan penyerapan nutrisi yang lebih baik, seperti vitamin dan mineral, yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

  4. Mendukung Kesehatan Mental: Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kesehatan usus dan kesehatan mental. Probiotik dapat mempengaruhi produksi neurotransmitter, seperti serotonin, yang berperan dalam regulasi suasana hati dan keadaan emosional. Konsumsi probiotik secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan mental dan mengurangi risiko gangguan suasana hati, seperti depresi dan kecemasan.

  5. Menjaga Keseimbangan Mikro

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa Adat

Back Next

 Chanel Youtube

Chanel Youtube

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jalan Raya Kembengan - Bangli
Desa Adat : Guliang Kangin
Kecamatan : Bangli
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 83355
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:791
    Kemarin:1.211
    Total Pengunjung:924.175
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.201.97.224
    Browser:Tidak ditemukan