Pujawali Ageng/Nyatur Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Desa Adat Guliang Kangin, ring Anggara Kliwon Prangbakat, 31 Oktober 2023. Rangkaian Pujawali Nyatur, Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Guliang Kangin : Ida Bhatara Masucian, 30 Oktober 2023, Ida Bhatara Masineb, Jumat 3 Nopember 2023 Selamat Datang, selamat berkunjung di Website Desa Adat Guliang Kangin. Media Informasi dan Komunikasi Aktifitas Desa Adat Guliang Kangin

Artikel

Pementasan Teater, Akhiri Pertukaran Budaya Telluride Academy

16 April 2016 17:00:00  Administrator  1.111 Kali Dibaca  Berita Desa

Telluride Academy Colorado Amerika Serikat telah tinggal dan beraktivitas dalam program Pertukaran Budaya bersama anak-anak Pasraman Yowana Dharma Kerthi, Sunday English Class dan STT Eka Budhi Dharma Desa Pakraman Guliang Kangin, selama 12 (dua belas) hari dari tanggal 4 April 2016 sampai dengan 15 April 2016.

Pada hari terakhir (15/04/2016), digelar pementasan teatrikal yang merupakan kolaborasi antara siswa-siswi Telluride Academy dengan Pasraman Yowana Dharma Kerthi. Pementasan ini berjudul “Sup Batu”. Sebuah cerita yang dikemas dengan dwi bahasa (Inggris-Bali), disajikan dengan kocak, mampu membuat penonton tidak henti-hentinya tertawa. Penguasaan akting yang begitu sempurna oleh siswa-siswi Telluride Academy, membuat suasana pementasan begitu hidup dan tidak membosankan. Hampir dalam 1 jam pementasan, tidak satupun penonton yang meninggalkan tempat pementasan.

Selama dua belas hari di Desa Wisata Guliang Kangin, banyak aktivitas yang dilakukan siswa-siswi Telluride Academy bersama seluruh lapisan masyarakat Desa Wisata Guliang Kangin. Salah satu kegiatan yang paling membuat mereka terkesan adalah bermain di lumpur. Acara tarik tambang, estafet karet, dan gebuk bantal dilakukan di atas lumpur. Siswa-siswi yang selalu berada di tempat yang bersih, ternyata begitu bersemangat ketika harus bermain dalam lumpur.

Siswa – siswi juga ikut melakukan persembahyangan baik di Kahyangan Tiga dan di Pura Besakih. Mereka juga senang sekali belajar gamelan serta dengan semangat mengikuti ritual-ritual yang dilaksanakan di desa pakraman. Salah satu ritual yang paling mereka nikmati adalah malukat di Pancoran Solas. Mata air yang jernih dan segar, serta pemandangan disekitar pancoran yang masih alami membuat mereka seolah tidak mau beranjak dari kawasan Pancoran Solas.

telluride-gor-6

Bendesa Adat Desa Pakraman Guliang Kangin, Ngakan Putu Suarsana, dalam sambutan sebelum pergelaran teatrikal, menyampaikan terimakasih kepada rombongan, atas pilihannya menjadikan Desa Wisata Guliang Kangin sebagai tempat Pertukaran Budaya. Kegiatan ini akan memberikan manfaat yang sangat besar kepada seluruh warga desa wisata. Karena, secara langsung mereka akan memahami bagaimana karakter dan budaya wisatawan mancanegara, sebagai bahan dalam menerima wisatawan kedepannya. Masyarakat juga bisa meniru beberapa karakter wisatawan yang dirasa cocok dengan norma-norma hidup kita.

Wendy Brooks, Pendiri dan Ketua Rombongan Telluride Academy, mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Desa Wisata Guliang Kangin, Prajuru Desa Pakraman yang telah memfasilitasi kegiatannya selama berada di Desa Wisata. Mereka menyatakan senang tinggal disini, karena keramahan penduduk terutama pemilik rumah dimana mereka tinggal (Host Family). Dia berharap beberapa tahun kedepan bisa melakukan kegiatan yang sama di tempat ini. Ucapan terimakasihnya juga diwujudkan dengan Donasi untuk pembangunan balai banjar sebesar US$ 1.000,-

telluride-3

telluride-gor-1

telluride-gor-3

 

Pementasan drama ini dilakukan untuk kedua kalinya. Pertamanya mereka telah mementaskan di GOR Desa Tamanbali. Pementasan ini merupakan wujud keberhasilan mereka dalam berinteraksi bersama masyarakat, utamanya anak-anak Pasraman, SEC dan STT Eka Budhi Dharma Desa Pakraman Guliang Kangin. Acara diahkiri dengan perpisahan dan pelepasan yang dilaksanakan di restoran Subak Guliang Desa Wisata Guliang Kangin.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa Adat

Back Next

 Chanel Youtube

Chanel Youtube

 Arsip Artikel

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jalan Raya Kembengan - Bangli
Desa Adat : Guliang Kangin
Kecamatan : Bangli
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 83355
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:69
    Kemarin:1.112
    Total Pengunjung:898.425
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:52.91.255.225
    Browser:Tidak ditemukan