• Desa Adat Guliang Kangin
  • 08123666676
  • guliangkangin.desa@gmail.com

Revitalisasi Pancoran Solas

03 Mei 2015 Administrator Berita Desa Dibaca 430 Kali

Serangkaian Hari Raya Banyupinaruh, Sekaa Teruna Teruni Eka Budhi Dharma Desa Pakraman Guliang Kangin mengadakan gotong royong dalam rangka Revitalisasi Pancoran Solas yang ada di daerah aliran sungai Melangit, sisi Timur wilayah Desa Pakraman Guliang Kangin, dilanjutkan dengan melukat dan sembahyang bersama, pada hari Minggu (03/05-2015).

Hadir juga pada kesempatan itu, Bendesa Adat Desa Pakraman Guliang Kangin, Ngakan Putu Suarsana, SH. Ikut memberi dorongan semangat agar kegiatan ini menjadi lebih bermakna dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Sekaa Teruna Teruni.

Revitalisasi Pancoran Solas dilakukan untuk mengembalikan Pancoran Solas seperti tahun 60-an, yang memiliki aura magis, dan banyak didatangi oleh warga sekitar untuk melukat. Bencana alam longsor yang terjadi sekitar tahun 1990, telah membuat pancoran solas ditinggalkan oleh warga sebagai tempat melukat.

Revitalisasi juga terkait upaya menjadikan Pancoran Solas sebagai daya tarik wisata spiritual melukat, sesuai dengan tahapan pengembangan Desa Wisata Guliang Kangin.

Pada malam harinya Sekaa Teruna-Teruni juga akan melaksanakan persembahyangan di Pura Puseh lan Bale Agung serangkaian Banyupinaruh dan Purnama.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar