Selamat Datang di Website Resmi Desa Adat Guliang Kangin, Kecamatan  Bangli, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Prajuru Desa Adat dengan seluruh masyarakat. Website ini dibangun menggunakan platform OpenSID Rabu (28/3/2018), Desa Wisata Guliang Kangin menjadi salah satu desa wisata andalan di Bali yang dikunjungi langsung Menteri Pariwisata RI Arief Yahya beserta delegasi United Nation World Tourism Organisation (UNWTO) 

Artikel

Desa Adat Guliang Kangin Laksanakan Bulan Bahasa Bali Tahun 2020

29 Februari 2020 22:11:08  admin   183 Kali Dibaca  Berita Desa

Untuk pertama kalinya Desa Adat Guliang Kangin melaksanakan kegiatan Bulan Bahasa Bali. Kegiatan Bulan Bahasa Bali tahun 2020 mengambil tema "Melalui Bulan Bahasa Bali Nyujur Atma Kertih".  Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat (28/02/2020) di Wantilan Desa Adat Guliang Kangin.

Hadir dalam acara pembukaan, Bandesa Alitan Majelis Desa Adat Kecamatan Bangli, Perwakilan Ketua PHDI Kecamatan Bangli, Kelian Banjar Dinas Guliang Kangin, Prajuru Desa Adat, Saba Desa Adat, Kertha Desa Adat, dan anak - anak Sekolah Dasar sebagai peserta dalam bulan bahasa Bali tahun 2020.

Bandesa Adat Guliang Kangin, dalam laporannya mengatakan bahwa upaya Pemerintah Provinsi Bali dalam melestarikan dan mengembangkan  bahasa, aksara dan sastra Bali perlu diapresiasi. Upaya keras ini dilakukan di tengah semakin ditinggalkannya Bahasa Bali dalam berbagai sektor kehidupan utamanya dalam bahasa pergaulan sehari - hari.  Untuk mengembalikan fungsi Bahasa Bali seperti puluhan tahun yang lalu perlu dilakukan langkah-langkah salah satunya adalah pelaksanaan Bulan Bahasa Bali di berbagai Instansi dan Institusi termasuk di Desa Adat.

Bandesa Alitan Majelis Desa Adat Kecamatan Bangli, I Gusti Made Oka, berterimakasih kepada krama desa adat yang telah berupaya melaksanakan Bulan Bahasa Bali di tengah-tengah kesibukan upacara adat. Sebagai Bandesa Alitan pihaknya berharap agar anak-anak dan generasi muda mulai menekuni Bahasa Bali karena Bahasa Bali adalah bahasa  ibu, yang harus kita lestarikan penggunaannya.

Untuk tahun 2020 Desa Adat Guliang Kangin hanya melaksanakan lomba/wimbakara nyatua Bali untuk anak - anak Sekolah Dasar,  dibedakan untuk katagori putra dan putri, Juara I, II dan III.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator desa adat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Covid-19

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Facebook

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:332
    Kemarin:165
    Total Pengunjung:85.257
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.201.3.10
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel