Selamat Datang di Website Resmi Desa Adat Guliang Kangin, Kecamatan  Bangli, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Prajuru Desa Adat dengan seluruh masyarakat. Website ini dibangun menggunakan platform OpenSID Rabu (28/3/2018), Desa Wisata Guliang Kangin menjadi salah satu desa wisata andalan di Bali yang dikunjungi langsung Menteri Pariwisata RI Arief Yahya beserta delegasi United Nation World Tourism Organisation (UNWTO) 

Artikel

Pertama di Bali Ngadegang Bandesa Adat sesuai Perda Bali Nomor 4 Tahun 2019

01 Januari 2020 15:31:53  admin   158 Kali Dibaca  Berita Desa

Desa Adat Guliang Kangin melaksanakan Pamikukuh (Pelantikan) Prajuru Desa Adat periode 2019 - 2024, pada Selasa (31/12/2019) di Natar Pura Dalem Desa Adat Guliang Kangin.  Hadir dalam pelantikan ini, Plt. Ketua Majelis Desa Adat Kabupaten Bangli, Ketua Majelis Desa Adat Kecamatan Bangli, Kasi Kesra Kantor Camat Bangli, Perbekel Desa Tamanbali, anggota Saba Desa, Kertha Desa dan seluruh krama Desa Adat Guliang Kangin.

Plt. Ketua Majelis Desa Adat Kabupaten Bangli, Ir. Ketut Kayana, menyempaikan bahwa Pelantikan Bandesa Adat di Desa Adat Guliang Kangin ini merupakan pertama kalinya di Bangli, bahkan di Bali, yang dilandasi dengan Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali.

Plt. Bandesa Madya ini juga menyampaikan beberapa hal mendasar yang menjadi spirit perubahan desa adat di Bali menuju desa adat  bermartabat dan mandiri, salah satunya dalam proses penjaringan dan pemilihan bandesa diwajibkan dengan proses musyawarah dan mupakat, serta dilarang dengan bentuk pemilihan suara terbanyak.

Mengikuti amanat yang ada dalam Perda Bali No. 4/2019, Desa Adat Guliang Kangin melaksanakan seluruh tahapan proses mengacu pada perda tersebut. Dari rangkaian proses tersebut ditetapkan Prajuru Desa Adat yang baru periode 2019 - 2024, yang terdiri dari :  Ngakan Putu Suarsana, SH (Bandesa Adat), I Nyoman Pukel (Petajuh), I Ketut Karmayasa (Penyarikan), I Dewa Nyoman Oka Selamet (Petengen).

Disamping pengukuhan Prajuru Desa Adat dilanjutkan dengan Pengukuhan Sabha Desa Adat, Kertha Desa Adat dan Prajuru Banjar Adat yang merupakan  empat kelembagaan yang harus ada berdasarkan Perda Bali Nomor 4 Tahun 2019. Sebagai Saba Desa Adat Guliang Kangin : I Dewa Nyoman Alit Santika, SP., I Dewa Ketut Sangging Arsana, I Ketut Darmaja, SKM. M.Kes., Dewa Ngakan Made Sutirka, I Ketut Guntara, ST.,MT., I Nyoman Sudiarta, I Nengah Karma, I Nengah Suindra. Sebagai Kertha Desa, ditetapkan Prajuru Desa Adat ditambah dengan I Nengah Ngambet, I Ketut Budiarta, I Dewa Made Adnya. Sebagai Prajuru Banjar Adat : I Nengah Sumantra, S.Sos. MAP. (Kelihan), I Putu Iwan Wirama (Petajuh), I Nengah Buda (Penyarikan), dan I Ketut Mupu (Juru Raksa).

Setelah proses pelantikan akan dilanjutkan dengan upacara mejaya-jaya dan nunas panugrahan di Pura Dalem Desa Adat Guliang Kangin.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator desa adat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Covid-19

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Facebook

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:348
    Kemarin:165
    Total Pengunjung:85.273
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.201.3.10
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel