Selamat Datang di Website Resmi Desa Adat Guliang Kangin, Kecamatan  Bangli, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Prajuru Desa Adat dengan seluruh masyarakat. Website ini dibangun menggunakan platform OpenSID Rabu (28/3/2018), Desa Wisata Guliang Kangin menjadi salah satu desa wisata andalan di Bali yang dikunjungi langsung Menteri Pariwisata RI Arief Yahya beserta delegasi United Nation World Tourism Organisation (UNWTO) 

Artikel

Fragmen Tari Pancoran Solas, Meriahkan HUT Bangli ke-813

11 Mei 2017 00:00:00  admin   190 Kali Dibaca  Berita Desa

Pasraman Yowana Dharma Kerthi Desa Pakraman Guliang Kangin ikut berpartisipasi dalam Parade Budaya serangkaian HUT Bangli ke-813, yang dilepas oleh Bupati Bangli, I Made Gianyar, SH.MHum, di Lapangan Kapten Mudita Bangli pada Kamis (11/05/2017).

Parade budaya yang dimulai pukul 15.00 Wita dilepas dari Lapangan Kapten Mudita, melewati Kantor Bupati Bangli, ke arah utara, kemudian menuju Jalan Kusumayudha, peserta parade melakukan Dsplay di depan patung Catus Pata.

Pasraman Yowana Dharma Kerthi berada di rombongan Tim Pesta Kesenian Bali. Menampilkan fragmen tari berjudul Pancoran Solas, yang menceritakan dibangunnya sebuah mata air tempat permandian raja sebagai Pesiraman dengan sebelas buah pancoran.

Pancoran Solas dibangun pada saat Raja Bali ke-8 yang bergelar Dalem Dimade mengungsi ke desa Tambangwilah (Guliang Kangin sekarang) akibat Pemberontaan Krian Agung Maruti.  Berada dalam pengungsian membuat raja sangat murung, sedih, sehingga kesehatannya semakin menurun.  Setelah beliau mandi di sebuah mata air di sisi timur Sungai Melangit, beliau marasakan kesehatannya semakin baik, dan beliau merasakan senang, sehingga raja memerintahkan rakyat untuk membangun mata air tersebut menjadi sebelas buah pancoran dan dinamakan Pancoran Solas.  Pada saat bersamaan, raja juga mengeluarkan bhisama merubah nama Desa Tambangwilah menjadi Desa Guhliang, yang berarti penyebab senang, lama kelamaan disebut Guliang.

Parade Budaya ini diikuti oleh seluruh Kabupaten di Provinsi Bali yang  berlangsung hingga pkl. 19.00 Wita.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator desa adat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Covid-19

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Facebook

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:45
    Kemarin:401
    Total Pengunjung:97.459
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.234.247.75
    Browser:Tidak ditemukan