Selamat Datang di Website Resmi Desa Adat Guliang Kangin, Kecamatan  Bangli, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Prajuru Desa Adat dengan seluruh masyarakat. Website ini dibangun menggunakan platform OpenSID Rabu (28/3/2018), Desa Wisata Guliang Kangin menjadi salah satu desa wisata andalan di Bali yang dikunjungi langsung Menteri Pariwisata RI Arief Yahya beserta delegasi United Nation World Tourism Organisation (UNWTO) 

Artikel

USAI BAKSOS, UKM DHARMAGITA IHDN MELUKAT DI PANCORAN SOLAS

26 April 2015 00:00:00  admin   144 Kali Dibaca  Berita Desa

Unit Kegiatan Mahasiswa Dharmagita Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar melakukan Bakti Sosial (Baksos) di Pura Dalem Tengaling, Desa Pakraman Guliang Kangin, Tamanbali, Bangli, pada hari Sabtu (25/4-2015).
Bakti Sosial diawali dengan ngayah memeresik (gotong royong bersih-bersih) di areal Pura Dalem Tengaling, mulai dari Utama Mandala, Madya Mandala, dan Nista Mandala. Kurang lebih 50 orang mahasiswa/i melakukan gotong royong ini dengan penuh semangat dan penuh keikhlasan.

Selesai mereresik, seluruh mahasiswa/i melakukan kegiatan melukat di Pancoran solas, yang terletak di ujung timur wilayah Desa Pakraman Guliang Kangin, tepatnya di daerah aliran sungai Melangit. Pancoran solas, merupakan pesiraman Ida Bhatara Dalem Dimade dan Ida Bhatara Dalem Tengaling. Pancoran berjumlah 11 ini diyakini memiliki wasiat peleburan kotoran batin, sehingga akan membantu proses penyembuhan ketika kita mengalami sakit. Ini sudah dibuktikan oleh beberapa orang yang pernah melukat di tempat ini.

Sehabis melukat seluruh peserta melakukan persembahyangan di Pura Dalem Tengaling dipimpin oleh Pemangku Ida Niang Mangku. Dilanjutkan dengan acara dharma tula antara peserta dengan Bendesa Adat Desa Pakraman Guliang Kangin, Ngakan Putu Suarsana, SH (48).

Bendesa menyampaikan informasi mengenai kahyangan tiga dan dang kahyangan yang ada di Desa Adat Guliang Kangin, termasuk dari sisi sejarah keberadaan pura – pura tersebut. Juga menjelaskan kaitan antara pancoran solas dengan pura tersebut, dan juga makna pancoran solas hingga diyakini mampu melebur sehananing mala yang melekat pada diri manusia.

Bendesa juga mengucapkan banyak terima kasih atas bakti sosial yang dilakukan UKM Dharmagita yang telah ikut mereresik. Juga apresiasi yang sebesar-besarnya atas peran serta mahasiswa/i yang telah melakukan upaya pelestarian budaya utamanya dharma gita.

Rombongan Mahasiswa/i juga ngaturang punia, alat-alat kebersihan, dupa dan alat-alat upacara.
Sebelum mepamit, mahasiswa/i melakukan acara pembagian sertifikat dan serah terima kepengurusan UKM Tahun 2015.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator desa adat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Covid-19

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Facebook

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:20
    Kemarin:125
    Total Pengunjung:84.022
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:103.27.206.14
    Browser:Tidak ditemukan