Pujawali Ageng/Nyatur Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Desa Adat Guliang Kangin, ring Anggara Kliwon Prangbakat, 31 Oktober 2023. Rangkaian Pujawali Nyatur, Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Guliang Kangin : Ida Bhatara Masucian, 30 Oktober 2023, Ida Bhatara Masineb, Jumat 3 Nopember 2023 Selamat Datang, selamat berkunjung di Website Desa Adat Guliang Kangin. Media Informasi dan Komunikasi Aktifitas Desa Adat Guliang Kangin

Artikel

Tim Gama Melon UGM Survey Lokasi di Desa Wisata Guliang Kangin

30 April 2016 17:00:00  Administrator  1.194 Kali Dibaca  Berita Desa

Sebagai desa wisata berbasis pelestarian alam dan lingkungan serta pemberdayaan masyarakat, kini pengembangan Desa Wisata Guliang Kangin disinergikan dengan budidaya melon, sebagai bentuk dukungan sektor pertanian dalam pengembangan sektor pariwisata.

Kedatangan Tim Gama Melon atau Tim Melon dari Universitas Gajah Mada Jogjakarta, yang dipimpin langsung oleh Ketua Tim Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc ke Desa Wisata Guliang Kangin untuk melihat secara langsung kondisi tanah yang ada disini, untuk kemudian dianalisa untuk direncanakan penanaman gama melon yang merupakan hasil riset dan rekayasa Fakultas Biologi UGM.

Kedatangan tim Gama Melon juga disertai pengusaha asal Jogjakarta yang siap memfasilitasi penjualan produksi masyarakat ketika uji coba telah berhasil, dan masyarakat telah siap untuk berproduksi secara mandiri.

Kedatangan tim Gama Melon diterima oleh Plt. Dinas P3 Kabupaten Bangli, Dra. Ni Made Manik beserta stafnya Ni Made Yusri Merta Wahyuni. Plt Dinas P3, sangat berterimakasih kepada Tim Gama Melon atas perhatiannya pada pengembangan holtikultura di Bangli, utamanya tanaman melon. Jika tanaman ini cocok dibudidayakan di Bangli, maka pihaknya akan memberikan perhatian serius, untuk pengembangan ekonomi perdesaan, serta membantu mempercepat upaya menyejahterakan petani.

Pada kesempatan ini diserahkan 5.000 biji bibit melon varitas terakhir hasil lab genetika Faktultas Biologi UGM, sedangkan pupuk, obat agar dipuayakan oleh masyarakat, atau disubsidi oleh Pemerintah Kabupaten Bangli.

Di akhir kesempatan, Tim Gama Melon juga menyempatkan diri memetik langsung buah melon di lahan salah seorang petani yang sudah mencoba menanam melon dengan pengetahun seadanya, dan bibitnya adalah varitas unggul yang sedang diteliti di laboprarotium Fakultas Biologi UGM.

Di Desa Wisata Guliang Kangin, Tim Gama Melon disambut oleh Bendesa Adat Desa Pakraman Guliang Kangin, dan Prajuru Subak Geria (***).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa Adat

Back Next

 Chanel Youtube

Chanel Youtube

 Arsip Artikel

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jalan Raya Kembengan - Bangli
Desa Adat : Guliang Kangin
Kecamatan : Bangli
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 83355
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.029
    Kemarin:1.004
    Total Pengunjung:919.010
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.142.53.68
    Browser:Mozilla 5.0