Pujawali Ageng/Nyatur Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Desa Adat Guliang Kangin, ring Anggara Kliwon Prangbakat, 31 Oktober 2023. Rangkaian Pujawali Nyatur, Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Guliang Kangin : Ida Bhatara Masucian, 30 Oktober 2023, Ida Bhatara Masineb, Jumat 3 Nopember 2023 Selamat Datang, selamat berkunjung di Website Desa Adat Guliang Kangin. Media Informasi dan Komunikasi Aktifitas Desa Adat Guliang Kangin

Artikel

Desa Adat Guliang Kangin Manfaatkan OpenSID Kembangkan Sistem Informasi Desa Adat

31 Desember 2018 17:00:00  Administrator  1.150 Kali Dibaca  Berita Desa

Seiring berkembangnya waktu dan kemajuan teknologi, akses terhadap website yang dikembangkan oleh Desa Adat Guliang Kangin semakin hari semakin tinggi, ini membuktikan bahwa kehadiran teknologi informasi ternyata bisa dimanfaatkan dalam pengembangan tata kelola desa adat.

Sehubungan dengan berkembangnya dinamika akses website desa, dari hanya untuk promosi menuju tata kelola berbasis data, maka website desa adat yang lama dirasa perlu untuk ditingkatkan, sehingga dapat mengelola seluruh potensi desa adat yang ada. Dan untuk itu maka pengelolaan website desa adat sebelumnya berbasis CMS kini beralih ke berbasis pengolahan data, dengan platform OpenSID.

Digunakannya platform OpenSID disebabkan platform ini bersifat gratis dan opensource, sehingga tidak membebani desa adat dengan biaya pengadaan sistem operasi. Platform ini juga dikenal stabil, sehingga bisa diandalkan mengelola seluruh data terkait dengan keberadaan desa adat.

Pengembangan Sistem Informasi Desa Adat berbasis OpenSID dimaksudkan untuk membuka akses informasi publik kepada seluruh masyarakat, baik masyarakat lokal, nasional maupun internasional. Hal ini dimungkinkan mengingat sistem informasi yang dibangun berbasis website desa adat atau internet desa, sehingga bisa diakses dari seluruh penjuru dunia selama ada jaringan internet.

Sebagai media transparansi SIDA yang dibangun akan memberikan informasi seputar penggunaan dana terkait pelaksanaan APBDesAdat. Hal ini akan membangun kepercayaan masyarakat kepada pemerintah desa adat, yang nantinya akan memunculkan dukungan masyarakat terhadap perjalanan tata kelola desa adat.

Dari sisi pelayanan kepada masyarakat, SIDA akan membantu mempercepat pembuatan surat - menyurat. Mulai keterangan domisili, keterangan nikah, keterangan lahir bahkan pengisian formulir yang semula memakan waktu karena banyaknya isian, memungkinkan dikerjakan oleh sistem dalam SIDA.

Dengan program internet/wifi gratis dari Pemerintah Provinsi Bali, kami yakin Sistem Informasi Desa Adat ini akan berjalan optimal. 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa Adat

Back Next

 Chanel Youtube

Chanel Youtube

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jalan Raya Kembengan - Bangli
Desa Adat : Guliang Kangin
Kecamatan : Bangli
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 83355
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.052
    Kemarin:1.112
    Total Pengunjung:899.408
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.222.233.8
    Browser:Tidak ditemukan